4 Penyebab Bau Mulut Yang Perlu Kamu Ketahui

4 Penyebab Bau Mulut Yang Perlu Kamu Ketahui

BERKAHPOKER – Kesehatan gigi yang buruk merupakan penyebab utama sebagian besar kasus halitosis atau biasa disebut bau mulut tak sedap. Bukan hanya karena makanan, bau mulut juga dapat disebabkan oleh kondisi medis lain. Simak berbagai macam penyebab bau mulut yang dapat mengganggu seperti di bawah ini!

Penyebab bau mulut secara umum

Halitosis atau bau mulut disebabkan oleh bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dalam mulut. Akibatnya, saat membuka mulut atau membuang napas lewat mulut, keluarlah aroma yang tidak sedap.

Ada banyak hal yang bisa memicu atau memperparah bau mulut tak sedap. Berikut beberapa hal-hal umum yang menjadi penyebab terjadinya bau mulut:

1. Mulut kering

Bau mulut tak sedap yang disebabkan oleh mulut kering terjadi karena kurangnya produksi saliva dalam mulut. Saliva yang juga dikenal sebagai air liur mempunyai fungsi untuk membersihkan mulut secara alami.

Kurangnya produksi air liur juga lebih sering terjadi setelah Anda tidur.

“Pada siang hari, mulut Anda menghasilkan air liur dalam jumlah besar. Namun saat Anda tidur, produksi air liur turun,” papar Drg. Hugh Flax, dokter gigi yang juga mantan presiden American Academy of Cosmetic Dentistry di Atlanta, dikutip dari Medical Daily.

Jika mulut Anda kering, maka bakteri dan kuman pun akan bersarang dengan nyaman di dalam mulut. Bakteri dan kuman inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

Mulut kering biasanya dipicu oleh dehidrasi, efek samping obat-obatan yang sedang dikonsumsi, atau jika Anda baru saja menjalani radioterapi di sekitar leher dan kepala. Penyebab bau mulut yang satu ini juga menjadi alasan di balik bau mulut yang tak sedap ketika Anda bangun tidur di pagi hari.

2. Makanan, minuman, dan obat-obatan

Senyawa kimia yang terkandung dalam makanan, minuman, atau obat-obatan yang dikonsumsi bisa terserap oleh darah Anda dan dihembuskan keluar melalui paru-paru.

Itulah sebabnya napas akan berbau tidak sedap setelah Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki aroma yang kuat seperti bawang, petai, dan durian.

Selain itu, sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi juga bisa menyebarkan aroma tidak sedap pada mulut.

Tidak hanya makanan, obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab terjadinya bau mulut. Ada beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan bau mulut, di antaranya adalah antihistamin, antipsikotik, dan obat diuretik.

Menurut Hadie Rifai, dokter gigi dari Cleveland Clinic, obat-obatan tersebut memiliki efek samping berupa mulut kering yang dapat memicu bau mulut. Meskipun Anda telah rajin menyikat gigi, risiko bau mulut akan tetap ada selama Anda masih mengonsumsi obat-obatan tersebut. AGEN POKER TERPERCAYA

3. Merokok

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Hong Kong Medical Journal tahun 2004, merokok adalah penyebab bau mulut yang paling umum. Merokok dapat menurunkan produksi air liur dalam mulut sehingga mulut jadi terasa kering.

Perlu diingat ketika mulut semakin kering, maka akan semakin banyak bakteri yang tumbuh subur di dalam mulut.

Terlebih lagi, tembakau dari rokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit gusi. Nah, kombinasi mulut kering dan penyakit gusi inilah yang jadi penyebab kenapa Anda mengalami bau mulut tak sedap, walau sudah rajin menyikat gigi setiap hari.

4. Tidur dengan mulut terbuka dan mendengkur

Dr. Cram, periodontis dari Amerika Serikat, mengatakan bahwa jika Anda mendengkur atau tidur dengan mulut terbuka dan bernapas melalui mulut maka Anda cenderung memiliki napas yang bau di pagi hari daripada yang tidak.

Kedua situasi tersebut membuat mulut lebih rentan kering sehingga bakteri tumbuh lebih banyak. Pada dasarnya ketika Anda produksi air liur di mulut berkurang, sama dengan mengurangi kemampuan mulut dalam melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut. AGEN POKER ONLINE

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *