Cara Alami untuk Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Kaki pecah-pecah memang membuat tidak nyaman. Jangan malah dikelupas , cara alami untuk mengembalikan kelembutannya.


Ada banyak penyebab kenapa tumit bisa kering bahkan pecah-pecah. Mulai dari karena kondisi kulit yang kering, sampai karena penggunaan alas kaki yang tidak nyaman.

Jika dibiarkan, kondisi kulit telapak kaki yang pecah-pecah bisa semakin parah dan mengganggu. Bahkan bisa sampai berdarah.

Jika ingin memperbaikinya, kamu bisa menggunakan losion khusus, atau membuat ramuan pelembut kaki sendiri.

Untuk cara yang alami, berikut 6 langkahnya.

1. Oles dengan petroleum jelly

Krim pelembab yang kental dan tinggi konsentrasinya sangat baik untuk memperbaiki tumit pecah-pecah. Beberapa contohnya seperti petroleum jelly, atau gel lidah buaya bisa digunakan.

Pada dasarnya, semakin berminyak dan kental, akan semakin baik memperbaiki kondisi kulit yang pecah.

Nah, kamu bisa mengoleskan pelembab yang dipilih pada saat malam sebelum tidur. Karena akan tidur, boleh mengoleskan dengan lebih tebal.
Setelah mengoleskan, bungkus kaki dengan kaus kaki. Biarkan area kering terbungkus agar lebih lembab. Setelah bangun, segera bersihkan sembari mandi.

2. Pijat lembut dengan minyak zaitun

Untuk kamu yang ingin hasil lebih baik, bisa coba minyak zaitun. Kandungan vitamin E dan vitamin A yang baik untuk kulit akan langsung meresap.

Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ke area kaki sesaat sebelum tidur. Untuk hasil yang maksimal, sekalian pijat dengan lembut untuk beberapa saat. Lakukan secara rutin dan lihat perubahannya.

Selain minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan minyak alpukat, minyak almond, atau minyak kelapa.

3. Luluran dengan oatmeal

Oatmeal tidak hanya nikmat dimakan namun juga memiliki kemampuan untuk melembutkan kulit kaki yang pecah-pecah. Caranya adalah dengan dibuat lulur.

Siapkan satu sendok oat kering dan satu sendok minyak zaitun. Campur dan aduk rata sampai terbentuk seperti pasta.

Lumuri kaki dengan lulur tersebut. Diamkan sekitar 30 menit dan bersihkan dengan air hangat. Untuk perawatan lanjutan, oleskan pelembab di area yang habis dilulur.

Untuk perawatan maksimal, kamu bisa melulur area tumit sebanyak 2 kali sehari.

4. Membuat masker alpukat dan pisang

Pisang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Seperti diketahui, pisang mengandung banyak vitamin dan lemak baik untuk memperbaiki kulit kering.

Untuk kaki yang pecah-pecah, haluskan 1 buah pisang dan setengah alpukat. Campur sampai merata, kamu bisa juga memblendernya untuk hasil yang lebih cepat.

Oleskan campuran tersebut di area yang pecah-pecah dan diamkan selama 20 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat dan keringkan. Kemudian, oleskan pelembab kulit untuk hasil yang maksimal.

5. Untuk hasil instan, cobalah petroleum jelly dan perasan lemon

Mungkin kamu tak sabar dan ingin segera melihat perubahan kulit yang kering, maka bisa coba cara ini. Campuran petroleum jelly dan perasan lemon dipercaya bisa menyembuhkan kaki kering secara cepat.

Pertama, rendam kaki dengan air hangat selama 20 menit. Setelah itu, keringkan kaki sampai tidak ada sisa air sama sekali. Jika masih lembab, diamkan sampai kering.

Kemudian campur satu sendok teh petroleum jelly dan 3 sendok air perasan lemon. Aduk rata, dan oleskan di area kaki yang kering. Diamkan selama 1 jam, atau ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa diamkan semalaman dengan kaki dibungkus dengan kaus kaki.

Saat pagi hari, bersihkan dengan air hangat dan jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelahnya, ya!

6. Gunakan masker tepung beras

Selanjutnya adalah campuran tepung beras, cuka apel, dan minyak zaitun. Kamu bisa mencampurkan 2 sendok makan tepung beras dengan madu dan cuka apel sampai mendapat kekentalan yang diinginkan.

Jika kondisi kaki cukup parah, maka bisa tambahkan minyak zaitun untuk tambahan pelembab. Sebelum mengoleskan masker tersebut, rendam dahulu kaki di air hangat selama 10 menit. Keringkan sampai benar-benar kering.

Kemudian barulah masker dioleskan ke kaki dengan sambil dipijat lembut. Pijatan ini mampu membantu mengangkat lapisan kulit mati.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan masker ini 2 kali seminggu sampai kaki kembali mulus.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan kelembutan area tumit kaki. Agar tidak mudah kering, pastikan untuk minum air putih yang cukup, ya!

Situs Poker Online Terpercaya

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *